Harga Yamaha R6 dan Spesifikasi Terbaru

Harga Yamaha R6 dan Spesifiaksi Terbaru

Harga Yamaha R6 dan Spesifiaksi Terbaru

Harga Yamaha R6 dan Spesifikasi Terbaru

HargaMotor7.com – Setelah pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas tuntas terkait Yamaha MT 09, kali ini kita akan membahas motor yang masih berada di bawah naungan Yamaha. Motor ini juga tergolong sebagai motor CBU dan memiliki harga lebih mahal jika kita bandingkan dengan Yamaha MT 09. Dan motor yang saya maksudkan disini adalah Yamaha R6.

Hhhmm, sudah tau belum tentang kuda besi satu ini ? Pastinya kalian sudah mengetahuinya ya. Sebab Yamaha R6 terbilang cukup populer di Indonesia hingga saat ini meski kehadirannya baru di rilis pada tahun 2014 silam. Saat ini dari sekian banyak seri R dari Yamaha, hanya Yamaha R1 sajalah yang tetap eksis untuk kategori motor sport berkapasitas tinggi.

Salah satu daya tarik yang paling jelas dari Yamaha R6 ini jelas pada desain motor yang cukup menawan yang hampir sangat mirip dengan motor ala Movistar Yamaha yang saat ini di kendarai oleh Valentino Rossi dan Maverick Vinales di ajang MotoGP.

Yamaha R6 sendiri memang hadir khusus bagi para penggemar dan pengguna motor sport berkapasitas tinggi. Di Indonesia sendiri, minat masyarakat terhadap motor jenis CBU seperti ini terbilang cukup besar meski harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk mampu mendatangkan kuda besi ini langsung dari Jepang, tempat dimana motor asli Yamaha di produksi.

Hal ini juga sekaligus sebagai penegasan bahwa Yamaha menjadi salah satu brand otomotif terbesar di dunia yang terus menghadirkan inovasi dalam kendaraan khususnya roda dua di berbagai sektor, dari kelas skuter matic, kelas bebek, hingga kelas motor sport seperti Yamaha R6 ini.

Nah, di kesempatan kali inilah kita akan mencoba mengulas tuntas ada apa sih dengan Yamaha R6 ini, mulai dari seluk beluk dapur pacunya, hingga harga yang di tawarkan untuk motor sport ini. Yuk, tak perlu berlama-lama, kita ulas dibawah ini :

Spesifikasi Yamaha R6 :

DimensiPxLxT : 2.040 mm X 705 mm X 1.095 mm
Berat Basah Motor : 189 kg
Jarak Sumbu Roda : 1.375 mm
Jarak terendah ke tanah : 130 mm
Tinggi Jok : 850 mm
Kapasitas tangki  BBM : 17 Liter
Kapasitas tangki Oil : 3,4 Liter
MesinTipe Mesin : Forward-inclined parallel 4- cylinder, 4 Valves, DOHC, Liquid Cooled
Volume Silinder : 599 cc
Silinder :  4 silinder
Diameter x Langkah :  67.0 mm x 42.5 mm
Perbandingan Kompresi : 13.1 : 1
Daya Maksimum : 91.0 kW / 14.500 rpm
TorsiMaksimum : 65.7 Nm / 10.500 rpm
Sistem Strarter : Electric starter
Sistem Pelumasan : Basah
Sistem Pembakaran : Electronic Fuel Injection dengan teknologi YCC-T dan YCC-I
Tipe Kopling : Multiplate Slipper Clucth
Sistem Transmisi : 6 speed
Final Transmision : Chain
RangkaTipe Rangka : Deltabox Alumunium
Suspensi Depan : Upside-down telescopic fork 41 mm
Font travel : 115 mm
Caster angle : 24 derajat
Trail : 97 mm
Suspensi Belakang : Swing Arm, Link suspension (mono shock)
Rear travel : 120 mm
Ban Depan : 120/70ZR 17M/C (58W)
Ban Belakang : 180/55ZR 17M/C (73W)
Rem Depan : Hydraulic dual disc brake, diameter 310 mm
Rem Belakang : Hydraulic Single disc brake, diameter 220 mm
Sistem KelistrikanSistem Pengapian : TCI ( digital )

  • Dimensi

Pada pembahasan pembuka pada spesifikasi dari Yamaha R6, kita pertama-tama akan mengulas dimensi dari kuda besi satu ini, mengingat Yamaha R6 mengusung body jumbo alias cukup besar untuk kategori motor sport. Menilik dari spesifikasi di tabel atas, Yamaha R6 memang memiliki dimensi yang cukup besari dengan P X L X T mencapai 2.040 mm X 705 mm X 1.095 mm.

Dengan dimensi seperti ini, maka jangan heran jika Yamaha R6 memiliki bobot yang bisa di bilang lumayan lah yakni sebesar 189 Kg. Hal ini jelas cukup wajar mengingat Yamaha R6 menganut 4 silinder dan berkapasitas mencapai 600 CC yang akan kita bahas nanti.

Dimensi yang cukup besar ini ternyata juga membawa keuntungan tersendiri bagi Yamaha R6. Pasalnya jarak terendah ke tanah setinggi 130 mm dan tinggi jok yang mencapai 850 mm. Jadi bagi tempat kalian yang cukup sering mengalami banjir, jangan khawatir untuk mampu menerjang banjir bersama Yamaha R6 ini. Dimensi yang besar juga tak luput dari kapasitas tangki motor yang juga jumbo yaitu mampu menampung hingga 17 Liter.

  • Mesin

Seperti yang telah saya singgung sebelumnya, karena tergolong di kelas motor CBU, maka wajar jika Yamaha R6 memiliki kapasitas hingga 600 CC dengan 4 Silinder. Namun yang sejauh ini membedakan Yamaha R6 dengan motor CBU lainnya adalah jenis atau tipe mesin yang digunakan yakni Forward Inclined Parallel. Jenis ini baru diterapkan pada Yamaha R6.

Kondisi ini juga di dukung dengan fitur super canggih terbaru dari Yamaha yang bernama Yamaha Chip Controlled Throttle (YCC-T) serta Yamaha Chip Controlled Intek (YCC-I) yang sudah di sematkan pada Yamaha R6 2017. Fitur ini biasanya di terapkan pada YZF milik Movistar Yamaha di ajang MotoGP. Atas dasar inilah saya cukup sepakat dengan pendapat yang menyatakan Yamaha R6 adalah The Real MotoGP yang bisa di pakai oleh masyarakat umum.

Sedangkan untuk versi sebelumnya yakni Yamaha R6 2015, teknologi ini nampaknya masih belum di terapkan. Oleh karena itu, hal inilah yang menjadi nilai plus tersendiri bagi Yamaha R6 saat ini. Fitur Yamaha Chip Controlled Throttle (YCC-T) serta Yamaha Chip Controlled Intek (YCC-I) ini mampu di kombinasikan dengan sistem pembakaran Electronic Fuel Injection dengan sangat baik oleh Yamaha.

Tentunya hal tersebut merupakan kombinasi yang sangat bagus dan mampu menjadi keunggulan tersendiri bagi Yamaha R6 jika kita bandingkan dengan motor di kelas CBU lainnya. Kapasitas yang tinggi dengan 4 silinder juga membuat Yamaha R6 cukup mudah berakselerasi dan menjelajahi jalanan karena daya maksimum yang mampu di hasilkan mencapai 91.0 kW / 14.500 rpm dan Torsi Maksimum 65.7 Nm / 10.500 rpm.

Karena mampu meliak-liuk di jalanan dengan cukup mudah, kamu tak perlu khawatir dalam mengontrolnya. Sebab tipe kopling yang di berikan Yamaha kepada Yamaha R6 adalah yang terbaik yakni jenis Multiplate Slipper Clucth dan Final Transimisi-nya adalah berjenis Chain.

  • Rangka dan Sistem Kelistrikan

Akselerasi yang menawan juga semakin lengkap tatkala jenis rem yang di terapkan Yamaha untuk Yamaha R6 ini adalah Hidrolic. Bedanya rem denpan menggunakan dual disc brake, sedangkan rem belakang menggunakan single disc brake.

Tak cukup sampai disitu, kuda-kuda dari Yamaha R6 juga menjadi salah satu yang paling tangguh saat ini. Hal ini di karenakan tipe rangka yang di pakai adalah Deltabox Alumunium dengan dukungan suspensi depan berjenis Upside Down Telescopic Fork serta suspensi belakang Swing Arm, Link Suspension. Dan juga sistem kelistrikan yang sudah menggunakan TCI (Digital).

Hhmm, hampir cukup sempurna bukan Yamaha R6 dari segala sisi ? Jika kamu tertarik, cek pilihan warnya dibawah ini :

Pilihan Warna Yamaha R6 :

Harga Yamaha R6 dan Spesifiaksi Terbaru

Yamaha R6 Race Blue

Harga Yamaha R6 dan Spesifiaksi Terbaru

Yamaha R6 Matt Grey

Harga Yamaha R6 dan Spesifiaksi Terbaru

Yamaha R6 Competition White

Baca Juga :

Hampir sama dengan Yamaha R4, untuk pilihan warna dari Yamaha R6 ini tak terlalu banyak variasi yaitu hanya Race Blue, Matt Grey, dan Competition White. Dari ketiga warna ini, yang paling banyak di minati oleh masyarakat tak hanya di Indonesia adalah Race Blue karena warna ini dianggap cukup mudah untuk di modifikasi.

Oh ya, berbicara tentang modifikasi, Yamaha R6 modifikasi juga cukup mudah untuk kita temui saat ini. Pasalnya Yamaha R6 memiliki desain elegan nan full fairing yang cukup mudah untuk kita otak atik sedikit. Tapi sebenarnya, tanpa di modifikasi sekalipun, motor satu ini sudah sangat keren loh.

Coba lihat saja referensi Yamaha R6 dan simak dengan baik dari depan hingga ke belakang hampir kuda besi satu ini tak memiliki kekurangan sedikitpun untuk masalah desain motor. Sebab desain ini tak hanya di sesuaikan dengan konsep motor kelas CBU, melainkan juga di padukan dengan konsep motor MotoGP yang sesuai dengan selera masyarakat saat ini.

Harga Yamaha R6 :

HargaBaruBekas
Yamaha R6Rp. 270.000.000,-Rp. 264.000.000,-

  • Harga Yamaha R6 diatas adalah OTR DKI Jakarta dan sekitarnya. Dan di daerah lain mungkin akan terjadi perselisihan harga.
  • Harga Yamaha R6 dapat berubah sewaktu-waktu.

Harga diatas kami dapatkan dari situs resmi Yamaha Indonesia. Biasanya di beberapa daerah yang berbeda misalnya tak akan mengalami perselisihan harga yang cukup tinggi. Angga 270 Juta Rupiah jelas sangat sebanding dengan spesifikasi, fitur, dan desain yang di tawarkan Yamaha pada Yamaha R6 ini. Dan memang untuk motor di kelas CBU rata-rata memiliki banderol di atas 200 Juta Rupiah. Harganya cukup kompetitif jika kita bandingkan dengan harga ZX6R milik Kawasaki.

Angka yang hampir sama juga pernah di terapkan Yamaha pada Yamaha R3, namun sayangnya saat ini Yamaha R3 tidak lagi di pasarkan dan posisinya kini di gantikan dengan Yamaha R6 ini dalam kategori Yamaha R-series. Selain itu, setiap tahunnya harga yang di tawarkan Yamaha R6 tak mengalami perubahan yang siginifikan.

Yamaha R6 2016 tahun lalu saja juga masih menyentuh angka 270 Juta Rupiah, artinya tak ada perubahan yang berarti meski usia kuda besi satu ini sudah mencapai angka 3 tahun sejak tahun perilisannya. Nahh, itulah tadi ulasan kita mengenai Harga Yamaha R6 dan Spesifikasi Terbaru. Di Indonesia sendiri cukup jarang kita temui Yamaha R6, nah apakah kamu orang yang akan mengendarainya ?

Harga Yamaha R6 dan Spesifikasi Terbaru | admin | 4.5
Leave a Reply
/* */