site hit counter

Daftar Harga Vanbelt BeAT Semua Tipe Terbaru

Harga Vanbelt Beat Pada awal diperkenalkannya jenis sepeda motor matic pada abad ke 21, jenis motor ini langsung menarik perhatian dan minat dari masyarakat Indonesia. Terutama bagi mereka yang ingin berkendara dengan menggunakan kendaran simpel dan mudah dalam mengendarainya, karena kelebihan dari motor matic ini terletak pada sistem transmisinya yang tidak perlu lagi repot untuk memindahkan gigi transmisi ketika sedang berkendara. Maka sejak munculnya motor matic ini, banyak para kaum hawa yang tertarik ingin memilikinya.

Namun seiring kemajuan dan perkembangan jaman, setiap produsen sepeda motor matic terus mengambangkan setiap teknologi yang disematkan pada motor matic andalannya agar lebih bertenaga dan mampu diajak berakselerasi secara maksimal.

Sehingga para kaum pria pun tertarik dan tidak malu untuk mengendarai sepeda motor matic ini. Maka tak heran, jika saat ini motor matic sudah menjadi salah satu pilihan kendaraan untuk digunakan untuk keperluan sehari-hari oleh semua orang. Sejak itulah motor matic mampu menduduki peringkat tertinggi sebagai motor yang paling laris dan menguasai pasar motor di dalam negeri hingga sekarang.

Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya bermunculan berbagai model motor matic yang diluncurkan dari berbagai perusahaan otomotif ternama. Misalnya Honda yang kini telah menghadirkan beberapa varian tipe motor matic andalannya, salah satu motor matic andalannya yang saat ini sedang laris dipasaran yaitu Honda Beat. Namun dibalik kelebihan yang ada pada motor matic, tetap saja motor ini memiliki kekurangan termasuk pada motor matic Honda Beat. Salah satu kekurangan dari motor matic pada umumnya yaitu terletak di bagian sistem penggeraknya.

Karena jika pada motor matic ini pemiliknya tidak bisa mengontrol kondisi dari sistem penggerak atau yang dikenal dengan nama vanbelt dari motor tersebut. Berbeda dengan motor dengan sistem transmisi manual, pemiliknya bisa mengetahui kondisi sistem penggeraknya pada bagian rantai dan gear yang letaknya berada di luar box mesin. Maka dari itu, cukup sulit untuk mengetahui kondisi dari sistem penggerak atau vanbalet pada motor matic.

Namun bagi anda yang mengerti tentang mesin, tentu anda bisa mengetahui kondisi vanbelt motor maticnya apakah masih bagus atau sudah harus diganti dengan yang baru, para mekanik biasanya mengetahui tanda-tanda jika vanbelt nya harus sudah diganti dari getaran dan performa mesinnya. Sebab, jika kondisi vanbelt motor matic sudah jelek, maka dapat berpengaruh pada getaran dan performa mesinnya. Namun bagi anda yang awam, tentu akan sulit untuk mengetahui kondisi dari sistem penggerak motor matic ini.

Harga Vanbelt BeAT

Source : HondaCengkareng.com

Tanda Vanbelt Motor Matic Harus Segera Ganti

Seperti yang telah kami jelaskan diatas bahwa vanbelt atau V Belt adalah sistem penggerak yang digunakan pada motor matic, dimana fungsi dari vanbelt ini pada dasarnya sama seperti rantai pada sepeda motor yang menggunakan sistem transmisi manual, yaitu sebagai penghantar tenaga putar yang berasal dari mesin untuk dihubungkan ke bagian As roda belakang sehingga motor matic bisa melaju kencang. Itu artinya, peran dari vanbelt pada motor matic ini sangatlah penting, maka sangat penting bagi pemilik motor matic untuk rutin memeriksa kondisi dari V-Belt agar performa dari motor matic kesayangan anda tetap optimal.

Sebab, jika kondisi dari V-Belt sudah jelek yang ditandai dengan tanda-tanda seperti retak-retak, aus dan lain sebagainya. Maka tentu akan mempengaruhi tenaga yang dihasilkannya pun jelas akan berkurang dan tarikannya akan terasa berat, apalagi ketika sedang berboncengan pada jalanan yang menanjak. Bahkan jika terus dipaksakan, maka bisa berakibat fatal karena motor tidak akan bisa bergera sama sekali. Namun untuk mengetahui kondisi dari V-Belt motor matic sendiri cukup sulit, karena kita harus membuka blok mesinnya terlebih dahulu atau bisa juga dengan cara memperkirakan dengan mengenali tanda-tandanya.

Cara Mengetahui Tanda V Belt Motor Matic Harus Ganti

Cara paling bijak yang bisa anda lakukan untuk mengetahui kondisi V-Belt tanpa harus membuka blok mesin, yaitu dengan mengikuti arahan yang direkomendasikan oleh pabrikan dengan mengikuti arahan berdasarkan buku petunjuk. Berdasarkan dari buku petunjuk motor Honda Beat, para pemilik kendaraan disarankan untuk rutin mengganti V-Belt apabila sudah menempuh jarak maksimal 24.000 km, namun ada merk motor matic lain yang menyarankan untuk mengganti V-Belt lebih dari jarak maksium tersebut. Maka untuk lebih bijaknya, anda bisa baca buku petunjuk sesuai dari pabrikannya.

Hanya saja banyak pemilik kendaraan yang menganggap jika cara mengetahui kondisi V-Belt seperti yang dijelaskan diatas kurang efisien, karena awet tidaknya V-Belt tergantung dari pemakaian motor matic itu sendiri. Maka untuk memastikan kondisi dari V-Belt apakah masih bagus atau tidak, tidak sedikit para pemilik motor matic lebih memilih untuk melihat kondisi V-Belt secara langsung dengan membuka blok mesinnya terlebih dahulu.

Tanda-tanda jika V-Belt sudah harus diganti yaitu dengan melihat lekukan pada bagian dalam V-Belt yang bergerigi berbentuk hurup V, jika terdapat beberapa gigi yang sudah retak atau aus, maka sudah saatnya V-Belt harus diganti dengan yang baru. Selain pada bagian tersebut, tanda lain yang perlu anda perhatikan saat melihat kondisi V-Belt yaitu pada bagian cekungan di bagian sampingnya, jika kondisinya sudah terlihat sangat tajam, maka V-Belt sudah aus dan harus diganti.

Harga V-Belt bisa berbeda-beda tergantung dari merk motor, baik V-Belt original maupun lokal. Namun kami disini tidak menyarankan anda untuk menggunakan V-Belt lokal, karena daya tahan dan kekuatannya tidak sebagus V-Belt orisinil. Pada kesempatan kali ini, kami hanya akan membagikan informasi mengenai harga V-Belt  khusus untuk motor matic Honda Beat. Bagi anda yang sedang mencari informasi mengenai harga V-Belt Beat bisa lihat pada tabel dibawah berikut ini.

Baca Juga :

Daftar Harga Vanbelt Beat Terbaru

Tipe VanbeltHarga Vanbelt
Vanbelt / Drive Belt – Honda Matic 110 CCRp. 138.000
Vanbelt / Drive Belt – Honda Matic 110 CC KarburatorRp. 125.000
Vanbelt / Drive Belt – BeAT eSP, BeAT POP eSP & Vario 110 eSPRp. 97.000
Vanbelt / Drive Belt – BeAT FI, Spacy FI & Vario 110 FIRp. 97.000
Vanbelt / Drive Belt – BeAT Karbu & Revo 110 NewRp. 99.000
Vanbelt / Drive Belt – BeAT FI, Spacy FI, Vario 110 FIRp. 97.000
Vanbelt / Drive Belt – Scoopy eSP (K93 New) & BeAT eSP NewRp. 125.000

  • Sumber : hondacengkareng.com
  • Harga diatas belum termasuk pemasangan, karena harga pemasangan disetiap bengkel berbeda.
  • Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan dari pihak Honda.

Mungkin hanya itu saja informasi yang bisa kami bagikan kepada anda semua mengenai harga V-Belt Beat terbaru saat ini. Sebelum anda membeli V-Belt baru, maka penting sekali bagi anda semua untuk mengetahu bagaimana cara mengetahui kondisi V-Belt anda.

Dengan demikian, kondisi motor matic anda khususnya Honda Beat yang anda milik bisa tetap nyaman dan memiliki performa yang optimal. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi harga vanbelt Beat diatas bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya. Terima kasih atas waktu dan kunjungannya, semoga informasi diatas dapat membantu anda semua. Sampai jumpa dan salam otomotif.

Daftar Harga Vanbelt BeAT Semua Tipe Terbaru | admin | 4.5
Leave a Reply
/* */