site hit counter

Daftar Harga Kampas Rem Terbaru

Harga Kampas Rem Pada sebuah kendaraan, baik itu sepeda motor ataupun mobil sistem pengereman adalah salah satu bagian pada kendaraan yang memiliki fungsi sangat penting untuk keselamatan dalam berkendara. Fungsi rem tersebut tentunya tidak akan berfungsi secara optimal jika para penggunanya kurang memahami akan kampas rem.

Alih-alih ingin mendapatkan sistem pengereman yang baik, salah dalam memilih kampas rem justru akan membuat kemampuan pengereman tidak akan berjalan dengan baik. Para pengguna kendaraan pun wajib mengetahui tanda-tanda jika kampas rem mulai mengalami aus dan akan segera habis.

Seperti terdengar suara dengan nada cukup tinggi yang melengkik pada rotor motor atau mobil anda, hingga rem terasa bergetar. Pedal rem saat ditarik mengalami kehilangan tekanan dan tidak seperti biasanya. Jika mobil atau motor anda mengalami tanda-tanda tersebut, maka sudah saatnya untuk mengganti kampas rem lama dengan yang baru.

Tidak sedikit pengendara yang berpikir bahwa temperatur adalah tingkat kepekaan pada sebuah kampas rem. Artinya, semakin panas kampas rem akan semakin bagus pengeremannya. Padahal anggapan tersebut tidaklah benar. Karena untuk mengetahui nitial bite atau tanda gigitan awal pada sebuah kampas rem bisa diketahui dari freakton, bukan dilihat dari temperaturnya.

Penjelasan menurut salah satu montir di salah satu bengkel sepeda motor ternama di Indonesia. Kampas rem yang digunakan pada kendaraan yang mengikuti ajang kompetisi atau race jelas berbeda dengan kampas rem yang digunakan pada kendaraan bermotor secara umum.

Bahan yang digunakan dalam pembuatan remnya jelas berbeda-beda dan disesuaikan dengan kebutuhan. Jika dilihat dari bentuknya memang tidak ada yang berbeda. Hanya saja perbedaan tersebut bisa dirasakan ketika kampas rem sudah dipasang.

Selain itu, merk dan harga kampas rem yang beredar dipasaran pun cukup beragam. Ada kampas rem original yang kualitasnya sama dengan kampas rem bawaan pabrikan dari sepeda motor itu sendiri. Bahkan tidak sedikit pula beredar produk kampas rem merk abal-abal yang dijual dengan harga lebih murah.

Sebelum mengulas lebih jauh pada topik utama dalam artikel ini. Kami akan sedikit membagikan informasi mengenai jenis-jenis rem berdasarkan bahan yang digunakan dalam pembuatannya.

Harga Kampas Rem

Jenis-Jenis Kampas Rem

Jenis kampas rem berdasarkan bahan dasar yang digunakan dalam pembuatannya terbagi menjadi empat jenis. Apa sajakah bahan-bahan yang diguanakan pada kampas rem yang beredar dipasaran ? Berikut penjelasan mengenai jenis-jenis kampas rem, yaitu :

Kampas Rem Berbahan Organik

Kampas rem yang terbuat dari bahan organik ini merupakan kampas rem yang dibuat dari campuran dari beberapa bahan material. Yang kemudian direkatkan menggunakan resin, sehingga dapat membentuk kampas. Bahan material yang umum digunakan untuk membuat kampas rem yaitu seperti karbon, kaca dan kevlar.

Jenis kampas rem ini merupakan jenis kampas rem yang paling sering digunakan pada sebuah kendaraan bermotor. Kampas rem yang terbuat dari bahan organik ini memiliki karakter yang lembut. Dan tidak akan mengeluarkan bunyi yang bising saat dilakukan pengereman.

Sayangnya, jenis kampas yang terbuat dari bahan organik ini tidak akan mampu bertahan pada suhu yang panas berlebih. Karena kampas ini akan sering mengalami kehilangan daya gesek. Serta kampas akan cepat habis ketika berada pada suhu yang tinggi.

Kampas Rem Berbahan Semi Metal

Jenis kampas rem berikutnya ini dibuat dari bahan campuran. Beberapa metal seperti besi, baja dan tembaga yang kemudian dilapisi dengan pelumas grafit dicampur menjadi satu. Kelebihan dari kampas ini yaitu lebih tahan terhadap temperatur suhu yang tinggi dibandingkan dengan kampas rem berbahan organik.

Sedangkan kekurangan dari kampas ini yaitu cepat habis, mengeluarkan suara yang berisik dan menghasilkan ampas sisa dari pengereman. Hal ini dapat mengakibatkan kerusakan pada cakram. Selain itu, kampas rem ini memiliki cengkraman yang kurang bagus. Oleh sebab itu memerlukan pemanasan terlebih dahulu untuk mendapatkan pengereman yang maksimal.

Kampas Rem Berbahan Keramik

Jenis kampas rem ini dibuat dari bahan campuran karbon dan silikon. Bahan ini mampu menghasilkan tingkat ketahanan yang cukup baik. Sama hal nya dengan kampas rem berbahan semi-metal. Kampas rem keramik ini memiliki daya tahan yang cukup baik pada suhu panas yang tinggi.

Hanya saja, pada kampas rem ini jumlah ampas rem yang diproduksinya lebih sedikit. Selain itu, kampas rem ini sangat cocok digunakan pada kendaraan balap sirkuit. Tetapi tidak cocok digunakan pada kendaraan yang sering menempuh medan berat.

Kampas Rem Berbahan Sinter

Kampas rem jenis ini memang sudah sangat populer dikalangan para pengguna sepeda motor. Bahan yang digunakan dalam pembuatan kampas rem ini yaitu menggunakan bahan bubuk metal. Seperti tembaga yang dicampurkan dengan bahan lain seperti grafit dan karbon. Kemudian dilakukan pemanasan dengan suhu mencapai 982 derajat celsium.

Bisa dikatakan jika kampas rem ini seluruh bahan yang digunakannya terbuat dari bahan metal yang dapat mengalami perubahan suhu dengan cepat. Artinya, kampas rem berbagai sinter ini tidak perlu dilakukan pemanasan terlebih dahulu agar dapat bekerja secara maksimal. Selain itu, ketahanan dari kampas rem ini juga lebih kuat dibandingkan dengan bahan keramik atau semi-metal.

Itulah tadi beberapa jenis kampas rem yang beredar dipasaran berdasarkan bahan dasar yang digunakan dalam pembuatannya. Tentunya anda bisa memilih jenis kampas mana yang cocok untuk kendaraan anda. Dari keempat jenis kampas rem tersebut kampas rem berbahan sinter memang jenis kampas yang paling bagus. Hanya saja harganya sedikit lebih mahal.

Harga Kampas Rem Terbaru

Untuk anda yang membutuhkan dan sedang mencari informasi mengenai harga kampas rem secara lengkap. Anda bisa lihat pada tabel berikut ini.

Merk Kampas RemTipe MotorHarga Kampas Rem
Aspira Diskpad Yamaha Mio 2004 - 2008YamahaRp. 30.000
Aspira Diskpad Yamaha NMAX / Jupiter / MX King / Mio M3YamahaRp. 30.000
Kampas Rem Belakang Yamaha F1-ZRYamahaRp.29.000
Kampas Rem Belakang Yamaha Jupiter MX 135 LCYamahaRp.42.000
Kampas Rem Belakang Yamaha Jupiter ZYamahaRp.29.000
Kampas Rem Belakang Yamaha Mio 115 ccYamahaRp.37.000
Kampas Rem Belakang Yamaha Mio Soul 115 ccYamahaRp.37.000
Kampas Rem Belakang Yamaha Nouvo 115 ccYamahaRp.37.000
Kampas Rem Belakang Yamaha RX-KingYamahaRp.56.000
Kampas Rem Belakang Yamaha Vega ZRYamahaRp.42.000
Kampas Rem Belakang Yamaha Xeon 125YamahaRp.38.000
Kampas Rem Depan (Disc) Yamaha F1-ZRYamahaRp.70.000
Kampas Rem Depan (Disc) Yamaha Jupiter MX 135 LCYamahaRp.75.000
Kampas Rem Depan (Disc) Yamaha Jupiter ZYamahaRp.70.000
Kampas Rem Depan (Disc) Yamaha Vega R NewYamahaRp.75.000
Kampas Rem Depan (Trampol) Yamaha F1-ZRYamahaRp.228.000
Kampas Rem Depan (Trampol) Yamaha Vega R New YamahaRp.21.000
Kampas Rem Depan Yamaha RX-King YamahaRp.74.000
Kampas Rem Depan Yamaha Vega ZRYamahaRp.70.000
Kampas Rem Depan Yamaha Xeon 125YamahaRp.70.000
Kampas Rem Depan/set Yamaha Mio 115 cc YamahaRp.75.000
Kampas Rem Depan/set Yamaha Mio Soul 115 cc YamahaRp.75.000
Kampas Rem Depan/set Yamaha Nouvo 115 cc YamahaRp.70.000
Aspira Brakeshoe Honda Vario / Beat / Spacy / Tiger / New Megapro / VerzaHondaRp. 40.000
Kampas Rem (Disk) Cakram – Mega Pro 2010HondaRp. 58.500
Kampas Rem (Disk) Cakram Belakang – CBR 150RHondaRp. 69.000
Kampas Rem (Disk) Cakram Belakang – Honda CS1HondaRp. 50.500
Kampas Rem (Disk) Cakram Belakang – New BladeHondaRp. 26.400
Kampas Rem (Disk) Cakram Belakang – Sonic 150RHondaRp. 72.000
Kampas Rem (Disk) Cakram Belakang – Supra X 125 & TigerHondaRp. 43.500
Kampas Rem (Disk) Cakram Depan – BeAT KarbuHondaRp. 46.000
Kampas Rem (Disk) Cakram Depan – BeAT, Scoopy & VarioHondaRp. 51.500
Kampas Rem (Disk) Cakram Depan – Blade & Supra X 125 FIHondaRp. 46.500
Kampas Rem (Disk) Cakram Depan – CB150R StreetFire, CB150 Verza & CBR 150RHondaRp. 55.500
Kampas Rem (Disk) Cakram Depan – Honda CS1HondaRp. 53.500
Kampas Rem (Disk) Cakram Depan – Kharisma & Supra X 125HondaRp. 46.500
Kampas Rem (Disk) Cakram Depan – Mega Pro & TigerHondaRp. 44.500
kampas Rem (Disk) Cakram Depan – Mega Pro 2010HondaRp. 47.000
Kampas Rem (Disk) Cakram Depan – Sonic & Supra GTRHondaRp. 51.500
Kampas Rem (Disk) Cakram Depan – Vario 110HondaRp. 49.000
Kampas Rem Cakram Belakang – New CB150R Streetfire, CBR 150R K45G & CBR150R K45AHondaRp. 69.000
Kampas Rem Cakram Depan – CBR 150HondaRp. 227.000
Kampas Rem Tromol – Brake Shoe KZL – BeAT, Scoopy, Spacy, VarioHondaRp. 47.000
Kampas Rem Tromol – Shoe Comp Brake – Kharisma, Revo Absolute, Supra X 100, Supra 125HondaRp. 34.000
Kampas Rem Tromol – Shoe Comp Brake KGA – Megapro, TigerHondaRp. 48.000
Spring Brake Lock Arm Return – Scoopy K93, New Vario 150 K59J & New Vario 125 K60RHondaRp. 5.000
Spring Brake Shoe – Grand, Kharisma, Legenda, Supra X 125, Revo, Supra Fit & Supra X 125 FIHondaRp. 1.000
Spring RR Brake – GL MAX, Mega Pro, Tiger & Vario KarbuHondaRp. 2.500
Spring RR Brake Arm – BeAT Sporty , Spacy, Scoopy FI, BeAT POP , BeAT New, Vario 125 & Vario 150 HondaRp. 1.000

Note :

  • Hargan kampas rem yang kami cantumkan pada tabel diatas bisa berubah sewaktu-waktu.
  • Di daerah atau bengkel lain mungkin terjadi perbedaan harga.

Sebagai informasi penutup, kami akan membagikan sedikit tips merawat kampas rem agar awet yang mungkin bisa bermanfaat bagi anda semua.

Harga Kampas Rem

Tips Merawat Kampas Rem Agar Awet

Berikut ini beberapa tips yang bisa anda terapkan agar kampas rem yang anda gunakan bisa awet dan bekerja dengan baik, yaitu :

  1. Periksa Kondisi dan Posisi Tromol

Sebelum kampas rem yang baru anda beli dipasangkan, sebaiknya pastikan anda membersihkan terlebih dahulu tromol dan pastikan juga posisi pada permukaan dudukan cakram sudah rata. Hal ini tujuannya yaitu agar piringan cakram dapat berputar secara simetris, sehingga dapat meringankan beban dari kampas rem tersebut.

  1. Rutin Membersihkan Kaliper dan Pin Fleksiblenya

Pastikan juga anda rutin membersihkan bagian kaliper dan fleksiblenya, tujuannya agar tekanan yang dihasilkannya lebih merata. Selain itu, pastikan juga jarak antara piringan cakram dan kampas rem sudah sempurna. Untuk mengetahuinya, piringan cakram dan kampas rem tidak akan saling bergesekan ketika roda diputarkan dan roda tidak seret.

  1. Lumasi Bearing Roda Secara Teratur

Hal ini bertujuan untuk mencegah terjaduinya speling pada bearing, sehingga mengakibatkan piringan cakram dan kampas rem bersinggungan.

  1. Gunakan Rem dengan Bijak

Hindari penggunaan rem secara terus menerus, maka pada saat berkendara pastikan jarak antara kendaraan anda dengan kendaraan yang ada di depan tidak terlalu dekat. Penggunaan rem secara terus menerus dapat membuat kampas rem cepat aus atau habis.

Sekian informasi dari kami mengenai daftar harga kampas rem terbaru. Cek informasi spare part dan harga motor lainnya di HargaMotor7.com ya gaes. Terima kasih banyak, semoga bermanfaat dan sampai jumpa. 🙂

Daftar Harga Kampas Rem Terbaru | admin | 4.5
Leave a Reply
/* */
error: Content is protected !!